Senin, 12 Juni 2017

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
LAPORAN ALAT PERAGA “VolTaKeBol”
Dosen : Rezky Ramadhona, S.Pd, M.Pd

download.png
 












SATRIANI BHETTRYSIA MANURUNG
150384202066


PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI
TANJUNG PINANG

2016/2017






KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat tuhan yang maha kuasa yang atas rahmatNya sehingga pembuatan laporan ini bisa berjalan dengan lancar. Laporan ini berisi pembahasan tentang cara pembuatan alat peraga VolTaKeBol, alat dan bahan yang digunakan, beserta cara penggunaaanya.
 Saya menyadari bahwa apa yang terkandung didalam laporan ini masih memiliki kekurangan baik itu  dari segi penulisan maupun dari segi penyusunan tata bahasa. Oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan untuk memperbaiki laporan ini, untuk mencapai yang lebih baik.
Akhirnya semoga apa yang terkandung didalam laporan ini bisa bermanfaat bagi pembaca.




 


Table of Contents


 

 

 

 

 


Bab 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam era informasi dan globalisasi dewasa ini yang diwarnai oleh persaingan yang ketat dalam penguadaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sangat membutuhkan manusia-manusia cerdas, terampil dan professional yang sanggup menguasai sains dan teknologi. Patokan minimal yang harus dimiliki ialah tumbuhnya kemampuan berpikir logis dan sikap kemandirian dalam diri peserta didik. Untuk itu, system pembelajaran yang mengutamakan matematika dan ilmu pengetahuan lainnya menjadi prasyarat bagi proses pendidikan untuk membentuk manusia Indonesia yang mampu menghadapi dan mengantisipasi tantangan dimasa yang akan datang.
Pada laporan ini akan membahas tentang volume bangun ruang diantaranya, tabung, kerucut, dan bola. Pada kesempatan ini akan dibahas pembuktian rumus volume tabung, kerucut, dan bola. Yang dimana ketiganya memiliki keterkaitan antara satu sama lain, seperti volume kerucut berdasarkan volume tabung, volume bola berdasarkan volume tabing dan kerucut. Sekarang ini banyak peserta didik yang hanya mengetahui rumus dari volume bangun ruang tersebut tanpa mengetahui asal-usul rumus tersebut. Oleh karena itu pada laporan ini akan membahas tentang pembuktian rumus volume tabung, kerucut, dan bola menggunakan  alat peraga. Alat peraga yang digunakan  saya beri nama voltakebol.
Pada laporan ini akan membahas bagaimana pembuatan alat peraga VolTaKeBol, alat dan bahan yang digunakan, bserta cara penggunaanya. Alat peraga ini dapat membantu peserta didik untuk memeahami pembuktian rumus volume bangun ruang tersebut dengan mudah.
Alat peraga ini sebelumnya sudah ada dibuat oleh orang lain, dan saya hanya mengulangnya untuk pembelajaran. Nama alat peraga ini sebelumnya tidak diketahui, dan saya hanya membuat nama alat peraga ini dengan sendirinya, yaitu VolTaKeBol ( Volume Tabung, Kerucut, dan Bola).

 

 

1.2 Rumusan Masalah

1.      Apa  yang dimaksud Tabung, Kerucut, dan Bola
2.      Apa fungsi  yang dimaksud dengan VorTaKeBol?
3.      Apa saja alat dan bahan yang digunakan untuk membuat alat peraga VolTaKeBol?
4.      Bagaiman cara pembuatan alat peraga VolTaKeBol?
5.      Bagaimana cara penggunan alat peraga VolTeKeBol?


1.3 Tujuan

1.      Untuk mengetahui pengertian Tabung, Kerucut, dan bola
2.      Untuk mengetahui pengertian alat peraga VolTaKeBol
3.      Untuk mengetahui alat dan bahan yang digunakan untuk membuat alat peraga VolTaKeBol
4.      Untuk mengetahui cara pembuatan alat peraga VolTaKeBol
5.      Untuk mengetahui cara penggunan alat peraga VolTeKeBol


Bab 2

LANDASAN TEORI

2.1  Kajian Pustaka

a.       Tabung
Tabung atau silinder adalah bangun 3 dimensi bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar yang berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung.
sifat – sifat tabung :
·         Bidang alas dan bidang atas berupa lingkaran dengan jari – jari yang sama.
·         Tinggi tabung adalah jarak antara titik pusat lingkaran alas dan titik pusat lingkaran atas.
Rumus luas alas tasbung = πr2 (Karena berbentuk lingkaran)
Kita mengetahui bahwa unsur tabung terbentuk dari bangun datar yaitu sebuah persegi panjang sebagai selimut tabung dan sebuah lingkaran yang menjadi alas dan tutup tabung, kita juga telah mengetahui bahwa Luas alas (lingkaran) = πr2
Dan tabung juga memilliki tinggi, yaitu tinggi selimut tabung. Maka volume sebuah tabung didapatkan dari luas alas x tinggi.
Rumus volume tabung          = L. alas x Tinggi
                                                = πr2.t
b.      Kerucut
Kerucut adalah suatu bangun ruang yang merupakan suatu limas beraturan yang bidang alasnya berbentuk lingkaran.
·         Alas berbentuk lingkaran
·         Tinggi kerucut (t) adalah jarak antara puncak kerucut dengan pusat lingkaran alas kerucut.
·         Panjang garis pelukis kerucut
Rumus Luas alas = πr2 (karena alas berbentuk lingkaran)
Rumus volme kerucut = 1/3 x L. alas x Tinggi
                                    = 1/3πr2t
c.       Bola
Bola adalah bangun ruang sisi lengkung yang dibatasi oleh satu bidang lengkung. Bola didapatkan dari bangun setengah lingkaran yang diputar satu putaran penuh atau 360 derajat pada garis tengahnya.
Rumus luas permukaan bola = 4πr2
Rumus volume bola = 4/3 πr3
Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan pembuktian rumus volume kerucut dan bola berdasarkan volume tabung menggunakan alat peraga yang saya beri nama VolTaKeBol. VolTaKeBol adalah alat peraga yang dapat membantu peserta didik untuk dapat memahami prmbuktian rumus volume bangun ruan tabung, kerucut, dan bola dengan mudah.


Bab 3

METODE PEMBUATAN ALAT PERAGA

3.1 Tujuan

Untuk memudahkan peserta didik memahami asal-usul(pembuktian) rumus dari tabung, kerucut dan bola dengan mengaitkan ketiga bangun ruang tersebut.

3.1 Alat dan Bahan

·         Kertas karton
·         Gunting
·         Bola
·         Beras/pasir
·         Penggaris
·         Pulpen



3.3 Cara Pembuatan Dan Cara Penggunaan

        I.            Pembuktian Rumus Volume Kerucut Berdasarkan Volume Tabung

a.       Gunting kertas karton dan bentuk menjadi sebuah tabung dan kerucut
 







b.      Isi sebuah kerucut dengan penuh menggunakan beras/pasir
 







c.       Lalu tuangkan ke dalam sebuah tabung
 







d.      Lakukan beberapa kali hingga tabungnya penuh
 














e.       Maka akan didapatkan tabung penuh jika diisi dengan 3 kali (penuh) kerucut isi beras/pasir
f.        Jadi volume kerucut sama dengan 1/3 volume tabung


     II.            Pembuktian Rumus Volume Bola Berdasarkan Volume Kerucut
a.       Siapkan sebuah bola yang memiliki tinggi 2r (2 kali jari-jari / diameter) dan sebuah kerucut
 




b.      Potong bola tersebut menjadi 2 bagian sehingga akan membentuk ½ bola

 






c.       Isi kerucut dengan penuh menggunakan beras/pasir
 





d.      Lalu tuangkan isi kerucut kedalam setengah bola



e.       Isi sampai ½ bola tersebut terisi penuh
 






f.        Maka akan didapatkan ½ bola terisi penuh jika diisi dengan 2 kali (penuh) kerucut
g.      Jadi volume ½ bola sama dengan 2 kali volume kerucut V. ½ bola = 2 x Vol. kerucut
V. ½ bola       = 2 x 1/3 πr2t
V. ½ Bola      = 2/3 πr2t                                 karena t = 2r               
V. Bola          = 2/3 πr2(2r)
V. bola           = 4/3 πr2

Bab 4

PENUTUP

4.1 Kesimpulan


Tabung atau silinder adalah bangun 3 dimensi bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar yang berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung. Kerucut adalah suatu bangun ruang yang merupakan suatu limas beraturan yang bidang alasnya berbentuk lingkaran. Bola adalah bangun ruang sisi lengkung yang dibatasi oleh satu bidang lengkung. Bola didapatkan dari bangun setengah lingkaran yang diputar satu putaran penuh atau 360 derajat pada garis tengahnya.
1)      L.alas tabung        = Luas lingkaran (πr2)
Volume tabung     = L. alas x Tinggi
                                          = πr2 t
2)      L. alas Kerucut      = Luas lingkaran (πr2)
Volume Kerucut   = 1/3 Vol. Tabung
= 1/3 x L. alas x Tinggi
=  1/3 πr2t
3)      Rumus luas permukaan bola = 4πr2
Rumus  volume ½  bola = 2/3 Vol. Kerucut x 2r
= 4/3 πr3

4.2 Saran

Sebelum menyampaikan pelajaran ada baiknya kita memahami materi pembelajaran dahulu, supaya kita dapat menjelaskan kepada peserta didik dengan jelas dan tepat. Lebih baik juga jika pembelajaran dipadu dengan mangapplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari serta menggunakan alat peraga yang dapat membantu peserta didik untuk memahami pelajaan dengan baik dan mudah.


DAFTAR PUSTAKA

·         rumusdasarmatematika.blogspot.com/2015/.../materi-tabung-sifat-rumus-dan-jaring.ht...
·         https://www.pondokmatematikasd.com/pembelajaran-penemuan-rumus-volume-tabung-kerucut-dan-limas.html

1 komentar:

  1. Kak yang pembuktian rumus volume bola seperti nya salah
    Itu Volume setengah bola kak
    Belum dikalikan

    BalasHapus