PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
LAPORAN ALAT PERAGA
“VolTaKeBol”
Dosen : Rezky Ramadhona,
S.Pd, M.Pd
![]() |
SATRIANI
BHETTRYSIA MANURUNG
150384202066
PENDIDIKAN
MATEMATIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MARITIM RAJA ALI HAJI
TANJUNG
PINANG
2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat tuhan yang maha
kuasa yang atas rahmatNya sehingga pembuatan laporan ini bisa berjalan dengan
lancar. Laporan ini berisi pembahasan tentang cara pembuatan alat peraga
VolTaKeBol, alat dan bahan yang digunakan, beserta cara penggunaaanya.
Saya menyadari bahwa apa yang terkandung
didalam laporan ini masih memiliki kekurangan baik itu dari segi penulisan maupun dari segi
penyusunan tata bahasa. Oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sangat
diharapkan untuk memperbaiki laporan ini, untuk mencapai yang lebih baik.
Akhirnya semoga apa yang terkandung
didalam laporan ini bisa bermanfaat bagi pembaca.
Table of Contents
Bab 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam era informasi dan globalisasi
dewasa ini yang diwarnai oleh persaingan yang ketat dalam penguadaan ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sangat membutuhkan manusia-manusia cerdas,
terampil dan professional yang sanggup menguasai sains dan teknologi. Patokan
minimal yang harus dimiliki ialah tumbuhnya kemampuan berpikir logis dan sikap
kemandirian dalam diri peserta didik. Untuk itu, system pembelajaran yang
mengutamakan matematika dan ilmu pengetahuan lainnya menjadi prasyarat bagi
proses pendidikan untuk membentuk manusia Indonesia yang mampu menghadapi dan
mengantisipasi tantangan dimasa yang akan datang.
Pada laporan ini akan membahas tentang volume bangun
ruang diantaranya, tabung, kerucut, dan bola. Pada kesempatan ini akan dibahas
pembuktian rumus volume tabung, kerucut, dan bola. Yang dimana ketiganya
memiliki keterkaitan antara satu sama lain, seperti volume kerucut berdasarkan
volume tabung, volume bola berdasarkan volume tabing dan kerucut. Sekarang ini
banyak peserta didik yang hanya mengetahui rumus dari volume bangun ruang
tersebut tanpa mengetahui asal-usul rumus tersebut. Oleh karena itu pada
laporan ini akan membahas tentang pembuktian rumus volume tabung, kerucut, dan
bola menggunakan alat peraga. Alat
peraga yang digunakan saya beri nama voltakebol.
Pada laporan ini akan membahas bagaimana pembuatan
alat peraga VolTaKeBol, alat dan bahan yang digunakan, bserta cara
penggunaanya. Alat peraga ini dapat membantu peserta didik untuk memeahami
pembuktian rumus volume bangun ruang tersebut dengan mudah.
Alat peraga ini sebelumnya sudah ada dibuat oleh orang
lain, dan saya hanya mengulangnya untuk pembelajaran. Nama alat peraga ini
sebelumnya tidak diketahui, dan saya hanya membuat nama alat peraga ini dengan
sendirinya, yaitu VolTaKeBol ( Volume Tabung, Kerucut, dan Bola).
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud Tabung, Kerucut, dan Bola
2. Apa
fungsi yang dimaksud dengan VorTaKeBol?
3. Apa
saja alat dan bahan yang digunakan untuk membuat alat peraga VolTaKeBol?
4. Bagaiman
cara pembuatan alat peraga VolTaKeBol?
5. Bagaimana
cara penggunan alat peraga VolTeKeBol?
1.3 Tujuan
1. Untuk
mengetahui pengertian Tabung, Kerucut, dan bola
2. Untuk
mengetahui pengertian alat peraga VolTaKeBol
3. Untuk
mengetahui alat dan bahan yang digunakan untuk membuat alat peraga VolTaKeBol
4. Untuk
mengetahui cara pembuatan alat peraga VolTaKeBol
5. Untuk
mengetahui cara penggunan alat peraga VolTeKeBol
Bab 2
LANDASAN TEORI
2.1 Kajian Pustaka
a. Tabung
Tabung atau silinder adalah bangun 3
dimensi bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar yang
berbentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung.
sifat
– sifat tabung :
·
Bidang alas dan bidang
atas berupa lingkaran dengan jari – jari yang sama.
·
Tinggi tabung adalah
jarak antara titik pusat lingkaran alas dan titik pusat lingkaran atas.
Rumus
luas alas tasbung = πr2 (Karena berbentuk lingkaran)
Kita mengetahui bahwa unsur tabung
terbentuk dari bangun datar yaitu sebuah persegi panjang sebagai selimut tabung
dan sebuah lingkaran yang menjadi alas dan tutup tabung, kita juga telah
mengetahui bahwa Luas alas (lingkaran) = πr2
Dan tabung juga memilliki tinggi, yaitu
tinggi selimut tabung. Maka volume sebuah tabung didapatkan dari luas alas x
tinggi.
Rumus
volume tabung = L. alas x Tinggi
=
πr2.t
b. Kerucut
Kerucut adalah
suatu bangun ruang yang merupakan suatu limas beraturan yang bidang alasnya berbentuk
lingkaran.
·
Alas berbentuk lingkaran
·
Tinggi kerucut (t) adalah
jarak antara puncak kerucut dengan pusat lingkaran alas kerucut.
·
Panjang garis pelukis
kerucut
Rumus Luas
alas = πr2 (karena alas berbentuk lingkaran)
Rumus
volme kerucut = 1/3 x L. alas x Tinggi
=
1/3πr2t
c. Bola
Bola adalah bangun ruang sisi lengkung
yang dibatasi oleh satu bidang lengkung. Bola didapatkan dari bangun setengah
lingkaran yang diputar satu putaran penuh atau 360 derajat pada garis
tengahnya.
Rumus luas permukaan bola = 4πr2
Rumus volume bola = 4/3 πr3
Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan pembuktian rumus volume
kerucut dan bola berdasarkan volume tabung menggunakan alat peraga yang saya
beri nama VolTaKeBol. VolTaKeBol adalah alat peraga yang dapat membantu peserta
didik untuk dapat memahami prmbuktian rumus volume bangun ruan tabung, kerucut,
dan bola dengan mudah.
Bab 3
METODE PEMBUATAN ALAT PERAGA
3.1 Tujuan
Untuk memudahkan peserta
didik memahami asal-usul(pembuktian) rumus dari tabung, kerucut dan bola dengan
mengaitkan ketiga bangun ruang tersebut.
3.1 Alat dan Bahan
·
Kertas
karton
·
Gunting
·
Bola
·
Beras/pasir
·
Penggaris
·
Pulpen
3.3 Cara Pembuatan Dan Cara
Penggunaan
I.
Pembuktian
Rumus Volume Kerucut Berdasarkan Volume Tabung
a.
Gunting
kertas karton dan bentuk menjadi sebuah tabung dan kerucut
b.
Isi
sebuah kerucut dengan penuh menggunakan beras/pasir
c.
Lalu
tuangkan ke dalam sebuah tabung
d.
Lakukan
beberapa kali hingga tabungnya penuh
e.
Maka
akan didapatkan tabung penuh jika diisi dengan 3 kali (penuh) kerucut isi
beras/pasir
f.
Jadi
volume kerucut sama dengan 1/3 volume tabung
II.
Pembuktian
Rumus Volume Bola Berdasarkan Volume Kerucut
a.
Siapkan
sebuah bola yang memiliki tinggi 2r (2 kali jari-jari / diameter) dan sebuah
kerucut
b.
Potong
bola tersebut menjadi 2 bagian sehingga akan membentuk ½ bola
c.
Isi
kerucut dengan penuh menggunakan beras/pasir
d.
Lalu tuangkan isi kerucut
kedalam setengah bola
e.
Isi
sampai ½ bola tersebut terisi penuh
f.
Maka
akan didapatkan ½ bola terisi penuh jika diisi dengan 2 kali (penuh) kerucut
g.
Jadi
volume ½ bola sama dengan 2 kali volume kerucut V. ½ bola = 2 x Vol. kerucut
V. ½ bola = 2 x 1/3 πr2t
V. Bola = 2/3 πr2(2r)
V. bola = 4/3 πr2
Bab 4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Tabung atau silinder adalah bangun 3 dimensi bangun
ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar yang berbentuk
lingkaran serta sebuah sisi lengkung. Kerucut adalah suatu bangun ruang yang
merupakan suatu limas beraturan yang bidang alasnya berbentuk lingkaran. Bola adalah bangun ruang sisi lengkung yang dibatasi oleh
satu bidang lengkung. Bola didapatkan dari bangun setengah lingkaran yang
diputar satu putaran penuh atau 360 derajat pada garis tengahnya.
1)
L.alas tabung = Luas lingkaran (πr2)
Volume tabung = L. alas x
Tinggi
= πr2
t
2) L.
alas Kerucut = Luas lingkaran (πr2)
Volume Kerucut = 1/3 Vol. Tabung
=
1/3 x L. alas x Tinggi
= 1/3 πr2t
3)
Rumus luas
permukaan bola = 4πr2
Rumus volume ½ bola = 2/3 Vol. Kerucut x 2r
= 4/3
πr3
4.2 Saran
Sebelum menyampaikan
pelajaran ada baiknya kita memahami materi pembelajaran dahulu, supaya kita
dapat menjelaskan kepada peserta didik dengan jelas dan tepat. Lebih baik juga
jika pembelajaran dipadu dengan mangapplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari
serta menggunakan alat peraga yang dapat membantu peserta didik untuk memahami
pelajaan dengan baik dan mudah.
DAFTAR PUSTAKA
·
rumusdasarmatematika.blogspot.com/2015/.../materi-tabung-sifat-rumus-dan-jaring.ht...
·
https://www.pondokmatematikasd.com/pembelajaran-penemuan-rumus-volume-tabung-kerucut-dan-limas.html

Kak yang pembuktian rumus volume bola seperti nya salah
BalasHapusItu Volume setengah bola kak
Belum dikalikan